Minum Matcha Untuk Turunkan Berat Badan dan Sehatkan Jantung

Minuman dan kue atau dessert dengan campuran matcha selalu populer. Selain enak matcha khas Jepang ini juga kaya manfaat sehat.
Matcha merupakan teh hijau bubuk terbuat dari daun teh hijau yang digiling hingga halus seperti tepung. Maka itu matcha yang asli Jepang ini memiliki warna hijau lembut khas daun teh dengan aroma yang wangi khas.

Matcha sendiri memiliki cita rasa yang agak pahit. Teh hijau bubuk ini banyak sekali dijadikan kreasi untuk minuman dan juga makanan. Seperti matcha latte, mochi, es krim, kue rasa matcha, hingga beragam hidangan dessert lainnya.

Karena terbuat dari teh hijau, matcha banyak dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau minuman yang menyehatkan. Banyak juga yang mengonsumsinya sebagai minuman untuk diet karena salah satu manfaatnya adalah dapat menurunkan berat badan.

Dilansir dari Health Line (24/2), matcha memiliki beragam manfaat sehat. Tak hanya dapat menurunkan berat badan, matcha ini juga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut manfaat matcha untuk kesehatan tubuh.

1. Kaya Antioksidan

Matcha diketahui berasal dari daun teh hijau yang digiling dan menghasilkan bubuk seperti tepung. Karena berasal dari teh hijau maka kandungan antioksidan yang terdapat pada matcha sangat banyak. Antioksidan ini berasal dari zat katekin yang dihasilkan secara alami oleh tumbuhan.

Zat katekin yang terdapat pada matcha ini 137 kali lebih baik dari minuman berbahan dasar teh hijau lainnya. Kaya akan zat antioksidan, matcha ini sudah dipastikan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Karena dapat mencegah radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel tubuh hingga menyebabkan penyakit kronis.

Untuk manfaat kesehatan, biasanya matcha dinikmati dengan cara tradisional. Bubuk matcha dimasukkan ke dalam cangkir kecil atau mangkuk kecil lalu diberikan air panas. Setelahnya matcha diaduk menggunakan sapu lidi kecil agar bubuk matcha tersebut larut. Saat dinikmati matcha akan menghasilkan rasa yang khas dan agak pahit.

Baca Juga  Manfaat Ikan Salmon

2. Bantu Turunkan Berat Badan

Matcha yang berasal teh hijau ini memiliki beragam manfaat, salah satunya yaitu dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Karena di dalam matcha terdapat kandungan EGCC (Epigallocatechin Gallate) berupa katekin.

Kandungan tersebut dipercaya dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh. Selain itu juga dapat menghentikan pertumbuhan sel lemak. Matcha ini juga memiliki kandungan kafein yang tinggi, sehingga dapat digunakan sebagai pengganti kopi. Kandungan kafein tersebut dapat mempengaruhi gula darah yang memicu kenaikan berat badan.

Ada juga beberapa penelitian yang dapat membuktikan kalau matcha dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Pada sebuah penelitian kecil menunjukkan saat mengonsumsi matcha selama olahraga dapat meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 17%.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain mengandung zat antioksidan, matcha juga diperkaya dengan kandungan kafein yang tinggi. Kandungan kafein tinggi biasanya terdapat pada kopi, namun matcha juga disebutkan memiliki kandungan kafein yang tinggi. Bahkan kandungan kafeinnya melebihi dari teh hijau biasa.

Dalam 1 gram saja, kandungan kafein di dalam matcha sebanyak 35 mg. Kandungan kafein yang tinggi inilah membuat matcha memiliki manfaat yang dapat meningkatkan fungsi pada otak. Seerti menambah daya konsentrasi, fungsi mengingat, dan lainnya.

Selain kafein ada juga kandungan lain yaitu L-atheanine yang merupakan salah satu jenis asam amino. Kandungan ini dapat meningkatkan fungsi otak juga diantaranya dapat memberikan relaksasi serta mengurangi rasa stress.

4. Mencegah Kanker

Karena mengandung zat antioksidan yang tinggi, membuat matcha dapat membasmi radikal bebas yang ada pada tubuh. Radikal bebas tersebut jika dibiarkan terlalu lama dalam tubuh akan merusak sel tubuh hingga menyebabkan beberapa penyakit kronis. Salah satunya kanker.

Baca Juga  Manfaat Dan Khasiat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Jika dikonsumsi secara rutin, zat antioksidan yang terkandung di dalam matcha ini dapat melawan munculnya penyakit kanker. Beberapa penelitian pun telah membuktikan fungsi matcha yang dapat melawan sel kanker ganas pada tubuh.

Salah satu penelitian dilakukan pada hewan. Pada penelitian tersebut, kandungan EGCC di dalam matcha dapat membantu melawan sel kanker yang ada pada prostat. Selain itu kandungan EGCC tersebut sangat efektif melawan sel kanker yang menyerang kulit, paru-paru, hingga hati.

5. Menyehatkan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit serius (kronis) yang banyak diderita oleh manusia. Bahkan penyakit jantung sudah banyak menyerang orang yang baru berusia 35 tahun. Ini semua terjadi karena pola hidup yang dilakukan tidak sehat.

Untuk itu, pola hidup sehat harus diperhatikan jika ingin hidup lebih lama. Salah satunya mengonsumsi matcha secara rutin disebutkan dapat melindungi kesehatan jantung. Seperti dibuktikan melalui beberapa penelitian.

Pada sebuah penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau (matcha) berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Apalagi jika dikombinasikan dengan diet dan pola hidup yang sehat, minum matcha dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.