Cita Rasa Donat Lukumades Renyah Khas Yunani yang Lagi Viral

Donat umumnya berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya. Tapi, donat khas Yunani ini bentuknya bulat kecil dan disajikan dengan siraman madu hingga saus matcha.
Donat sangat populer sebagai kudapan karena tekstur dan rasanya puaskan selera. Umumnya berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya. Variannya juga beragam, mulai dari yang polos, diberi cokelat meisjes, hingga kacang almond yang gurih.

Belakangan ini ada donat yang sedang viral di Indonesia. Dijual Lukumades yang mengusung konsep Greek Donut alias donat khas Yunani. Donat ini cukup unik karena bentuknya bulat kecil seperti bola ping pong.

Nama asli donat ini Loukumades. Nama Lokma di India dan Luqmat Al-qadl di Arab Saudi. Loukumades dibuat dari adonan tepung yang kemudian digoreng garing. Penyajiannya diberi campuran sirup gula yang bikin permukaannya jadi sedikit lengket. Saat disajikan, loukumades bisa diberi taburan wijen dan bubuk kayu manis yang membuat rasa dan aromanya makin enak.

Donat khas Yunani ini adonannya seperti donat pada umumnya seperti tepung terigu, ragi, air hangat, dan garam. Hanya saja teksturnya lebih renyah di bagian luar, namun tetap lembut di dalam.

Karena penasaran, kami mengunjungi gerai Lukumades yang berlokasi di AEON Mall BSD City tepatnya di GF Food Culture dekat dengan King Mango. Karena sedang viral, kami pun harus mengantre cukup panjang walaupun saat itu hari kerja.

Kira-kira kami menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk memesan donat khas Yunani ini. Selama menunggu, kami bisa melihat bagaimana pelayan meracik donat pesanan para pelanggan.

Karena dapurnya terbuka, jadi kami bisa melihat bagaimana donat-donat itu digoreng. Setelah itu diletakkan dalam boks dan diberikan aneka topping sesuai pesanan pelanggan.

Baca Juga  Menghabiskan Malam di Angkringan Tugu Yogyakarta

Saat tiba di kasir ternyata pesanan dibatasi. Tiap orang hanya boleh pesan 2 boks mini atau 1 boks regular. Akhirnya kami memutuskan pesan yang 2 box mini dengan varian Original (Rp 38.000) dan Saus Matcha (Rp 43.000).

Tak butuh waktu lama bagi mereka menyiapkan pesanan. Donat khas Yunani ini dikemas boks berwarna hitam dengan logo Lukumades serta paper bag. Kami juga mendapatkan garpu kayu berukuran kecil.

Satu boks mini varian Original dan Matcha berisikan masing-masing 5 buat donat. Warnanya agak kecokelatan dengan siraman saus yang menggugah selera.

Pertama, kami mencicipi varian Original. Disajikan dengan siraman madu dan bubuk kayu manis. Aroma kayu manisnya tak terlalu kuat sehingga tak mengganggu ketika dinikmati.

Kesan pertama kami saat menggigitnya, donat ini terasa sangat renyah. Manis madunya terasa lembut dengan paduan bubuk kayu manis yang terasa pas di lidah.

Setelah puas mencicipi varian Original, kami langsung mencoba varian Matcha. Rasa donatnya sama, hanya saja kali ini diberikan topping siraman saus matcha yang kental.

Rasa saus matcha-nya manis karena dicampurkan dengan cokelat putih. Varian ini lebih enak dimakan ketika masih hangat, karena saat dingin saus matcha akan mengeras.

Pencinta dessert terutama donat, pasti akan menyukai Lukumades. Selain unik, rasanya juga tak mengecewakan. Hanya saja harganya cenderung mahal karena ukurannya kecil dan dalam satu boks juga hanya berisi 5 donat (ukuran mini).

Tapi kalau penasaran, tak ada salahnya mencoba. Karena harus mengantre dan pesanan dibatasi, kami sarankan ajak 1-2 orang temanmu agar bisa mencicipi beragam variannya.

Lukumades
AEON Mall BSD City
GF, Food Culture
Instagram: @lukumades_indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.